08 November 2017

Jenis jenis Ducting dan Berbagai keperluan Ducting

Jenis jenis saluran udara/ducting adalah:

Polyurethane duct (PU) : terbuat dari bahan polyurethane, hampir seperti stearofoam akan tetapi berbeda. Memiliki bobot yg sangat ringan namun memiliki density yang sangat baik. Mampu bertahan pada suhu -60ºc  s/d  +80º c dengan tekanan maksimal 2000Pa. Dan density 71,49 Kg/m3.

Dewasa ini ada bahan penyempurnaan dari jenis ini disebut Polyisocyanurate (PIR) yang lebih ramah lingkungan di bandingkan PU. #go_green , #savetheworld , #nonCFC

Ducting PU / PIR


BJLS Rectangular duct : terbuat dari bahan BJLS (seng) dengan ketebalan BJLS yang disesuaikan dengan kebutuhan (lebar ducting). khusus untuk penggunaan sebagai ducting AC jenis ini akan dibalut oleh Isolasi luar (dalam) dari bahan glass wool.


Ducting BJLS

Round duct : ada dua jenis bahan untuk round duct yaitu Textile Duct (Sejenis Kain) dan BJLS. Ducting jenis ini memiliki  daya rugi gesekan (angin) yang sangat rendah, dikarenakan bentuknya
bulat (round).

Round Duct


Textile duct atau biasa juga disebut Fabric Duct, banyak di aplikasikan pada ruangan yang tidak menggunakan plavon/langit2,. Penggunaan nya banyak kita jumpai pada supermarket, theater, hall/gedung olahraga,.. detail mengenai textile ducting akan dibahas pada link ini,. (Textile ducting)

Textile Duct / Ducting kain



Berbagai keperluan ducting

Setelah menjabarkan jenis jenis ducting, kali ini saya akan jelaskan berbagai keperluan ducting. Saluran udara atau yang biasa disebut "Ducting" selain untuk keperluan menyalurkan udara dingin yang digunakan pada AC Split duct / Ceiling concealed / FCU / AHU, digunakan juga untuk keperluan lainnya seperti :

Ducting AC dan Exhaust

Exhaust Duct / Fresh Air Duct : saluran udara ini digunakan untuk Office / Meeting room,  Toilet, Karaoke room, Smoking Room, Rumah tinggal dan juga berbagai macam keperluan lainnya yang membutuhkan pertukaran udara ruangan.



Kitchen duct : Digunakan pada dapur yang membutuhkan pembuangan hawa panas dari kompor, biasanya di satukan dengan Cooker Hood. Sistim Kitchen duct yang baik tidak hanya membuang udara lama keluar, akan tetapi menyuplai udara baru ke dalam ruang dapur. Biasanya digunakan oleh Restaurant, Home industry / Catering, Pabrik makanan, dll


Ventilating duct : Digunakan pada gedung parkir yang membutuhkan ventilasi udara khususnya Parkir lantai Basement.

Ducting AC : Ducting yang berfungsi untuk menyalurkan udara dingin dari AC jenis split duct / FCU (Fan coil unit). Biasanya ducting jenis ini bila menggunakan bahan BJLS akan memiliki isolasi (glasswool) luar, isolasi luar dalam, atau juga ada yang berbahan Polyprophelene (PIR). Tujuan nya agar tidak terjadi kondensasi, karna udara dingin dari AC.




Tag : Fabric Duct, Textile ducting, Kontraktor Ducting, Kontraktor AC, Perusahaan AC, Perusahaan Jasa Kontraktor AC, Perusahaan AC di Jakarta, Kontraktor AC Jakarta,  Kontraktor Jasa Ducting AC dan Exhaust, Perbaikan Ducting, Ducting, Ventilasi Duct, Ducting Dapur,


Powered By Blogger